03 January 2013

Definisi Individu, Keluarga Dan Masyarakat



TUGAS
Ilmu Sosial Dasar


Secara umum pengertian dari Individu adalah merupakan suatu pengertian dasar dari seseorang yang berdiri sendiri maupun satu,namun setiap Individu dalam hal ini tentunya yang dimaksudkan adalah individu manusia,yang merupakan mahluk sosial yang memiliki kebutuhan untuk bersosialisasi dan melakukan kontak dengan mahluk sosial lainya dikarenakan berbagai kebutuhan dan fungsi baik secara keluarga maupun masyarakat.

Diantaranya yaitu :
 
Fungsi dari keluarga dapat digolongkan menjadi :

• Fungsi biologis
mampu untuk mempersiapkan individu agar bisa melangsungkan keturunan, dan mampu untuk membentuk keluarga baru.

• Fungsi ekonomi
mampu untuk memenuhi semua kebutuhan keluarga. Sehingga suatu keluarga mampu bertahan hidup, yang dimaksud kebutuhan yaitu makan minum, pakaian, tempat tinggal, dan kebutuhan jasmani lainnya.

• Fungsi pemeliharaan
bisa meindungi anggotanya dari semua gangguan dari luar keluarga.


• Fungsi agama
bisa menanamkan nilai-nilai agama kepada anggotanya, karena di Negara Indonesia nilai agama sangat berperan sekali dalam suatu kehidupan.


• Fungsi sosial
mampu mempersiapkan individu agar bisa hidup didalam lingkungan masyarakat.
 
Dan selanjutnya yaitu pengertian masyarakat ,secara umum dan mendasar masyarakat dapat di definiskan sebagai berikut,yaitu sekelompok individu individu yang menempati suatu tempat dan mempunyai tujuan yang sama, memiliki adat, budaya, dan aturan yang mengikat individu-individunya.

dari beberapa penjabaran diatas dapat disimpulkan bahwa individu,keluarga,dan masyarakat adalah merupakat suatu katerkaitan yang sanggat kuat karena merupakan sesama mahluk sosial yang memiliki kebutuhan untuk bersosialisasi dan berkomunikasi satu sama lain untuk memenuhi kebutuhanya bersama sebagai manusia dan mahluk sosial.

0 comments:

Post a Comment